Senin, 14 Mei 2012

Antikythera, Wujud Komputer Tertua di Dunia


Misgi Candra Dasa - Komputer merupakan sebuah penemuan yang sangat berpengaruh dalam peradaban manusia. Penemuan teknologi komputer telah membawa angin perubahan dan memudahkan segala aktivitas manusia. Komputer sebenarnya sudah ditemukan oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu, hanya saja saat ini perkembangan komputer sudah sangat canggih.

Namun taukah Anda komputer tertua di dunia?
Ilmuwan di dunia sepakat bahwa Antikythera Mechanism adalah komputer tertua di dunia. Komputer tersebut merupakan cikal bakal ide manusia tentang komputer. Antikythera Mechanism sendiri merupakan perangkat yang digunakan untuk meramal terjadinya gerhana matahari dan menghitung waktu Olimpiade kuno. Perangkat komputer tersebut bisa dibilang super canggih pada jamannya.
Antikythera Mechanism,komputer canggih

Komputer ini berusia sekitar 2000 tahun, dan ditemukan dalam bangkai kapal Rona Antikythera. Itulah sebabnya komputer tersebut diberi nama Antikythera Mechanism.
Saat ini tim ilmuwan internasional sedang meneliti komputer tertua di dunia ini, mereka mencoba membuka misteri yang tersembunyi di dalamnya, dengan cara merekonstruksi ulang bentuk asli dan cara kerjanya.

“Perangkat ini tak ada duanya. Dalam hal sejarah dan nilai kelangkaan, mekanisme ini jauh lebih berharga dibanding Mona Lisa,” ilmuwan Mike Edmunds, seperti dikutip HuffPost.
Penasaran dengan wujud komputer tertua tersebut? berikut kami lampirkan cuplikan videonya.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx