Senin, 14 Mei 2012

BrailleTouch, Menulis SMS Tanpa Melihat


Misgi Candra Dasa - Trend ponsel berlayar sentuh (touch screen) kian menjamur dan meninggalkan ponsel berpapan ketik. Tampilan ponsel layar sentuh memang lebih "asok" dan memberi kemudahan jari jari untuk menelusuri fitur ponsel. Namun, beberapa orang mengeluhkan firur "ketik" yang ada di ponsel layar sentuh yang cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan ponsel ber keypad konvensional. Saat menulis sms, pengguna layar sentuh harus senantiasa melihat ke layar, memastikan apa yang ia tulis itu benar. Apalagi ponsel layar sentuh yang memiliki ukuran layar cukup sempit dengan tipe qwerty, pasti akan menyulitkan pemakainya. Anda tidak bisa menulis sms secara cepat dan sambil beraktivitas lain.
braille touch

Jika Anda merindukan masa-masa mengetik sms secara cepat tanpa melihat layar, saat ini telah ditemukan sebuah aplikasi mengetik pesan berbasis huruf Braille.Aplikasi tersebut ditemukan oleh peneliti Georgia Tech. Dengan aplikasi tersebut memungkinkan kita untuk mengetik pesan dengan cepat tanpa melihat layar ponsel touch screen kita.

Aplikasi yang bernama Braille Touch tersebut juga berguna bagi pengguna yang mempunyai keterbatasan penglihatan. Sehingga dengan aplikasi ini, siapapun bisa mengetik pesan pada ponsel layar sentuh.Keunggulan lain dari teknologi terbaru ini ialah, kita bisa melakukan multi tasking, atau bermacam kegiatan saat menulis pesan, misal nonton tv, mengobrol, bahkan saat berjalan. Aplikasi opensource yang dapat dioperasikan dengan 6 jari ini mengadaptasi cara kerja papan ketik Braille tradisional.Maksud diciptakannya aplikasi ini sebagai solusi mengetik pesan SMS tanpa harus melihat layar dan menggantikan peran papan ketik ponsel biasa.


BrailleTouch juga bisa mendorong siapapun yang berpenglihatan normal untuk belajar mengetik dan membaca huruf Braille hanya dalam beberapa menit saja. Hasil penelitian yang dilakukan ini juga menemukan bahwa pross mengetik berbasis gerakan tanpa melihat akan menjadi trend komunikasi di masa yang akan datag. Sebab, akan meniadakan kebutuhan melihat untuk berkomunikasi tertulis.
Kita lihat saja perkembangan dan implementasinya pada ponsel layar sentuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx