Senin, 21 Mei 2012

Fungsi Manual Fokus Kamera Digital



Produsen kamera digital saat ini semakin memanjakan pecinta seni foto dengan menambahkan fitur-fitur yang membuat semakin mudahnya seseorang untuk menjadi orang yang berlaku sebagai Photografer, sehingga dengan mudahnya seseorang menamakan dirinya seorang “Photographer” berbekal sebuah kamera digital. Diantara fitur yang sangat memanjakan itu adalah fungsi “auto fokus”.
Kapan Manual Fokus Menjadi pilihan yang lebi baik dari Auto fokus….?
Mari kita mulai dengan sebuah pernyataan “antara manual fokus dengan auto fokus tidak ada yang salah pada penggunaan fitur ini, namun ada beberapa situasi dimana anda akan merasa manual fokus akan lebih pas untuk digunakan dari pada fungsi  auto fokus.

1.      Saat Membuat Foto Makro
Pada situasi membuat foto makro memang disarankan untuk menggunakan mode Manual Fokus karena anda akan sangat mudah untuk membuat DOF dari foto yang akan anda hasilkan. Selain itu bunyi dari putaran lensa saat kamera sedang mencari  fokus pada mode auto fokus bisa mengganggu hewan kecil yang menjadi objek photography kita.



2.      Low Light
Sudah kita ketahui jika kamera dengan mode auto fokus mencari cahaya sebagai alat untuk mencari fokus. Dalam keadaan pencahayan yang kurang, kamera yang menggunakan auto fokus akan mencari titik terang utuk menentukan fokus.  Dengan mrnggunakan fitur Manual Fokus maka pencarian titk fokus akan lebih cepat.



3.      Potret
Dalam membuat potret dalam dunia photography, fokus kita harus benar-benafr tepat. Kebnyakan orang memilih mata sebanagi fokus utama. Namun dalam beberapa situasi anggota tubuh  yang lain pun bisa dijadikan fokus utama. Diantaranya hidung dan bibir.

4.      Menembak  Objek yang Terhalang Kaca atau Pagar.
Menembak yang terhalang kaca atau pagar termasuk hal yang sulit jika dilakukan dengan mode auto fokus. Ini disebabkan kamera bingung dalam menentukan fokus yang  dipilih antara objek dibelakang kaca/pagar atau kaca/pagar itu sendiri.


5.       Action Photography

Pada saat anda menembak suatu action apalagi dalam situasi yang gerakannya cepat. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan mode auto fokus karena juga akan membuat kamera tidak bisa mengambil fokus dengan sempurna  Meski anda siasati dengan menggunakan fitur BURST pada kamera anda. Cara efektif dalam situasi ini adalah mengganti mode kamera anda menjadi manual fokus dengan metode “fokus jebakan” dan akan lebih efektif jika menggunakan fitur busrt tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx