Sabtu, 26 Mei 2012

Mencorat Coret Baju, Cermin Buruk Pelajar Indonesia


Sabtu 26 Mei 2012 merupakan hari yang menentukan bagi pelajar SMA kelas XII, pasalnya hari ini merupakan pengumuman apakah mereka dinyatakan lulus atau tidak lulus. Sebuah tradisi yang sering kali dilakukan oleh para siswa yang dinyatakan lulus adalah aksi corat-coret dan konvoi keliling kota. Sebuah aksi yang merupakan euphoria para siswa karna telah berhasil menyelesaikan pendidikan menengah mereka. Namun, tak jarang aksi corat-coret dan konvoi tersebut menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat. Sebab, seringkali aksi konvoi akan berujung tawuran antar saswa yang berbeda sekolah. Aksi corat-coret baju sebenarnya juga hal yang kurang bermanfaat, dari pada dicorat-coret jauh ebih bermanfaat jika seragam sekolah tersebut disumbangkan pada anak-anak yang kurang beruntung.

Sebuah langkah jitu telah dilakukan oleh beberapa sekolah dan pihak terkait untuk mengurangi aksi corat-coret dan konvoi siswa. Polisi misalnya, tak akan segan-segan menilang siswa yang melakukan konvoi di jalan utama, karena aksi tersebut jelas mengganggu pengguna jalan lain. Disisi lain, aktivitas peserta konvoi yang biasanya ugal-ugalan dan tidak dilengkapi peralatan pengaman seperti helm juga membahayakan pengguna jalan lain sehingga harus ditertibkan.

Lain halnya yang dilakukan sejumlah SMA yang ada di Bali, jika ketahuan melakukan aksi corat-coret dan konvoi, maka siswa tidak akan dilayani saat mengurus administrasi ijazah. Siswa disyaratkan memakai seragam lengkap disertai atribut saat mengurus administrasi ijazah, bahkan secara tegas beberapa SMA mengancam tidak akan memberikan ijazah siswanya jika memang benar-benar ketahuan melakukan aksi yang "norak" tersebut. 

Selain ancaman tidak diberikannya ijazah, beberapa sekolah melakukan cara preventif dengan menyuruh siswa mengenakan pakain muslim tau pakaian adat agar tidak melakukan aksi corat-coret seperti di daerah Jawa Barat dan Jawa tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx