Senin, 21 Mei 2012

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Saat Hamil



Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita paling rentan terhadap penyakit, dan kebanyakan wanita hamil cenderung mengabaikan kesehatan mulut mereka. Kesehatan gigi dan mulut pada ibu hami dapat mempengaruhi kesehatan janin, bahkan ibu hamil yang memiliki periodontal tujuh kali lebih mungkin memiliki bayi prematur.

Dari sebuah penelitian terungkap bahwa 80 persen ibu hamil, rata-rata mengeluh mengalami komplikasi mulut. Dan ketika masalah tersebut tak langsung diobati, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan fatal.

"Gingivitis (radang gusi) selama kehamilan merupakan komplikasi oral yang mempengaruhi banyak ibu hamil. Perdarahan, bengkak, merah atau tender gusi dan bahkan bau mulut adalah beberapa gejala radang gusi pada masa kehamilan," menurut Dr D Gopalakrishnan (Times of India).

Sangat penting bagi wanita hamil untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Akan lebih baik lagi wanita yang akan menjalani rencana program kehamilan secara rutin memeriksakan kesehatan giginya ke dokter.

Dengan kebersihan mulut yang terjaga dan diet kaya serat, mineral dan vitamin, wanita  dapat memastikan kesehatan yang baik selama kehamilan. Mulailah dengan menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut, dianjurkan juga berkumur dengan obat kumur anti bakteri. Namun sebelum menggunakan obat kumur, berkonsultasilah dengan dokter Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx