Senin, 14 Mei 2012

Pentingnya Merangsang Otak Bayi



Misgi Candra Dasa - Enam tahun pertama adalah masa emas perkembangan otak anak. Pada masa ini, sebagai orang tua kita akan melihat perkembangan bayi dari waktu ke waktu. Seringkali sebagai orang tua, kita menetapkan standar tersendiri terkait perkembangan anak, misalnya anak mulai bisa berjalan pada usia satu tahun. Padahal teori semacam itu yang menetapkan bahaw seorang anak akan dapat berjalan pada usia satu tahun adalah semacam jam weker yang dpasang untuk berdering pada usia satu tahun. Dan pada usia satu tahun, orang tua akan bertanya sudah bisa berjalankah anak saya? Apabila belum, maka orang tua akan menganggap bahwa perkembangan sang buah hati lambat dibandingkan dengan teman sebanyanya.

Dikutip dari buku Your Baby is a Genius oleh Glenn Doman dan Janet Doman, otak bayi tumbuh karena digunakan, bukan karena jam weker yang terpasang. Proses pertumbuhan dan perkembangan merupakan produk dari jumlah rangsangan di lingkungan anak. Pertumbuhan otak dapat dipercepat dengan meningkatkan rangsangan pada saat mana pun sepanjang hidup, tetapi terutama pada waktu-waktu saat otak tumbuh paling cepat yaitu dalam enam tahun pertama kehidupan.

Enam tahun pertama itu berharga karena selama waktu itu otak tumbuh dengan rasio yang menakjubkan. Pertumbuhan otak paling mengesankan pada tahun pertama kehidupan.

Tak seorang pun pernah membaca buku, jika ia tidak memiliki buku untuk dibaca.
Tak seorang pun pernah bermain biola, jika ia tidak memiliki biola untuk ia mainkan.
Tak seorang pun pernah berenang, jika ia tidak memiliki tempat untuk berenang.
Tak seorang pun pernah melihat dunia, jika jika ia tak memiliki dunia untuk dilihat.

Otak bayi pun demikian, otak tumbuh karena digunakan, bukan berdasarkan jadwal yang digariskan sebelumnya.  Setiap bayi merupakan produk lingkungannya. Semakian sering bayi diberikan stimulus atau rangsangan maka akan semakin cepat pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

Bayi baru lahir yang distimulasi pada saat otaknya berkembang dengan sangat pesat akan memiliki kecepatan perkembangan penglihatan yang sangat luar biasa. Rangsangan harus diberikan dengan sengaja, tidak secara kebetulan. Semakin banyak otak digunakan, semakin banyak tumbuhnya, dan semakin mampulah bayi itu. Pentingnya bayi memperoleh kemampuan untuk melihat dengan lebih cepat bukan semata-mata agar kita dapat mengatakan "Aduh bagusnya, ia tumbuh cepat daripada bayi yang lain yang seusia dengan dia". Hal tersebut tidak berguna untuk bayi. Makna perolehan kemampuan bayi yang sehat untuk melihat secara lebih cepat jauh lebih besar lagi.

Bayi baru lahir yang menerima rangsangan, dan karenanya memperoleh kemampuan  untuk melihat beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan lebih awal, memiliki kesempatan luar biasa untuk melihat apa saja yang berada di sekitarnya selama otaknya tumbuh dengan sedemikian cepat.

Kemampuan visual itu kemudian mengakibatkan pematangan kemampuan lainnya . Begitu ia dapat melihat, ia mulai memahami secara lebih mudah apa yang kita katakan kepadanya. Ketika ia bisa melihat, kebutuhannya untuk bergerak meningkat dengan sangat besar. Akibatnya, ia berusaha kian keras untuk terus saja bergerak. Gerakan itu sekaligus merangsang indera perabanya dan membantu dia mengembangkan penglihatannya lebih lanjut. Peningkatan gerakannya membantu dadanya tumbuh dan akibatnya pernapasannya meningkat. Pernapasan yang lebih baik itu memungkinkan dia menghasilkan suara dengan lebih mudah, sehingga ia dapat mengkomunikasikan kebutuhannya dengan lebih baik. Dengan demikian, dimulailah perkembangan yang menimbulkan kemampuan-kemapuan baru lainnya yang bagus untuk tumbuh kembang bayi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx