Rabu, 16 Mei 2012

Shinji Kagawa, Orang Asia Kedua di Old Trafford?


Misgi Candra Dasa - Gayanya Yahud banget, Gocekannya maut, daya jelajahnya tak kenal lelah. Dia juga lihai dalam soal dribble, lalu dengan kemampuannya dia juga kerap memberikan operan matang yang siap diselesaikan menjadi gol. Di lain sisi, dia punya naluri mencari posisi yang bagus.

Sekilas banyak orang menyangka Shinji Kagawa adalah hasil didikan sekolah sepak bola di Barcelona. Tidak salah juga, sebab pemain ini adalah jebolan dari Miyagi Barcelona, klub yang punya afiliasi dengan klub terkenal di Spanyol itu.
Namun dalam soal keahlian menggocek bola, jelas merupakan bakat alam yang kemudian dipolesnya sendiri. Obsesinya memang ingin bermain di klub Spanyol, entah Barcelona atau Madrid. Berbagai video pertandingan dua klub itu habis dilahapnya lalu dia berlatih sendiri.
Hasilnya tidak mengecewakan. Masih bersekolah dia sudah menjadi pemain profesional saat bergabung dengan Cerezo Osaka. Memang mainnya hanya di Divisi II J-League tapi pada musim 2009, dia sudah mengkilap. 27 gol dia buat. Tak pelak dia pun disebut sebagai gelandang yang paling doyan bikin gol.
Kehebatannya ini kemudian tercium pemandu bakat asal Jerman. Thomas Kroth, bekas pemain sepak bola di Jerman, kemudian menjadi agennya. Tanpa proses yang lama, Kagawa pun bergabung dengan Borussi Dortmund.
Biaya transfernya teramat murah hanya 350 ribu euro. Itu terjadi karena selain kontraknya dengan Cerezo sudah habis, dalam klausul kontraknya kedua pihak sepakat untuk melepasnya dengan harga murah, asalkan Kagawa bisa bermain dengan klub Eropa.
Bermain di Jerman dia langsung tune in. Karena dibekap cedera hampir separuh musim, dia hanya mencetak 18 gol untuk Dortmund. Namun pada musim keduanya, mencetak 50 gol. Dan juga mempersembahkan Bundesliga dan Piala Jerman untuk klubnya.
Juergen Klopp, manager Dortmund senang sekali dengan penampilan Kagawa. Kata dia, Kagawa adalah pemain yang cerdas dan serba bisa.
Namun, kebersamaannya dengan Dortmund tidak berlangsung lama. Kagawa menyatakan ogah untuk memperpanjang kontraknya yang sebenarnya berakhir tahun depan. Dia menginginkan tantangan lain tentu. Berlabuh di Old Trafford adalah salah satu pilihan yang tersodor padanya.
Semoga itu terjadi, sehingga Kagawa akan memperpanjang kehadiran pemain Asia di skuad Setan Merah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx