Senin, 14 Mei 2012

Sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang harus ditempuh

Misgi Candra Dasa - Sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang harus ditempuh. Perjalanan menuju sukses bukan jalan yang lurus dan mulus. Bukan juga jalan tol yang bebas hambatan dan tanpa persimpangan. Jalan ini juga bukan jalan impian tanpa antrian dan kemacetan. Apalagi tanpa ada pengorbanan dan sekedar pemberian alias gratisan.
Jalan menuju sukses ibarat pendakian menuju puncak gunung. Mengapa? Ada beberapa karakter pendakian gunung yang sama dengan jalan menuju sukses yaitu:
1. Terus mendaki. Untuk menjadi orang sukses harus menempuh jalan yang terus mendaki. Sedikit demi sedikit terus naik menuju puncak tertinggi. Menjadi sukses berarti meningkatkan posisi kita dari orang biasa menjadi orang luar biasa.
2. Berliku. Selain mendaki, jalannya pun berliku-liku. Tidak lurus ke satu arah, terkadang harus berbelok ke kiri atau ke kanan. Begitu juga jika kita ingin sukses, jalannya harus meliuk-liuk. Tidak ada yang lurus dan naik terus. Terkadang harus turun beberapa meter untuk berputar dan naik lagi dengan perlahan.
3. Jurang. Di sekitar perjalanan akan kita temukan jurang di kiri dan kanan. Jika tak hati-hati kita akan terperosok ke dalamnya. Untuk sukses juga ada jurang kegagalan yang akan selalu berdampingan. Tak masalah jika kita terpeleset atau jatuh, yang terpenting adalah kita selalu bangkit dan meneruskan perjalanan.
4. Cuaca tak menentu. Hujan, kabut atau bahkan badai sering menghampiri para pendaki. Tak bisa ditebak kapan akan datangnya rintik hujan, selimut kabut atau badai menerjang. Orang sukses pun akan menghadapi hal yang sama. Hambatan akan selalu datang tak terduga. Kita harus selalu siap menghadapi.
5. Bukan jalan permanen. Tak ada jalan beraspal dengan penunjuk arah yang jelas ketika mendaki gunung. Terkadang malah jalanan dipenuhi dengan semak belukar dengan arah yang tak jelas. Meskipun terkadang ada juga jalur pendakian yang sudah dibuat oleh pendaki sebelumnya. Jalan menuju sukses pun begitu. Kita bisa membuat jalan yang baru atau bisa juga melalui jalan yang pernah ditempuh oleh orang sukses sebelumnya.
Itulah perjalanan menuju sukses. Jika anda pernah naik gunung, mungkin anda akan tahu bagaimana sulit dan beratnya mendaki. Tidak semua yang mendaki gunung bisa mencapai puncak. Begitu juga dengan para pencari kesuksesan, tidak semuanya bisa meraih puncak sukses dalam hidupnya.
Ada yang menyerah sebelum melangkah ketika melihat jalan yang terjal dan curam. Ada juga yang tidak kuat fisik dan mentalnya ketika di tengah perjalanan. Jika kita ingin sukses, jadilah pendaki gunung yang sabar dengan perbekalan dan persiapan yang cukup. Teruslah melangkah walaupun perlahan dan beristirahatlah sejenak untuk menghimpun tenaga ketika datang lelah.
Sukses adalah perjalanan. Keberhasilan tidak dinilai hanya dari mereka yang berhasil mencapai puncaknya. Perjuangan mencapai puncak kesuksesan itu adalah sebuah keberhasilan. Selamat berjuang…