Senin, 14 Mei 2012

Tips Menjaga Keseimbangan Kaki-kaki Mobil



Misgi Candra Dasa - Saat mengendarai, sopir langsung merasakan nyaman tidaknya kendaraan mulai dari kemudi hingga kaki-kakinya. Bicara mengenai kaki-kaki mobil, berikut ini saya akan coba ketengahkan artikel tentang, "Tips Pemeliharaan Kaki-Kaki Mobil". 

Ada beberapa cara atau tips memelihara kaki-kaki kendaraan agar senantiasa terawat sehingga saat dijalankan terasa kenyamanannya.
Spooring - Bawalah kendaraan ke bengkel resmi sesuai dengan merek dan type mobil yang pembaca miliki secara berkala guna memeriksa kaki-kakinya. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalisasi fungsi kemudi.
Spooring bisa dirasakan oleh sang sopir saat mengemudikannya maka biasanya pengemudi bisa memutuskan kapan sebaiknya mobil dibawa ke bengkel untuk di-spooring. 

Teknis pengecekkan, biasanya pengemudi akan menjalankan mobil di jalanan lurus serta takbergelombang, lalu peganglah setir dengan lembut dan biarkan mobil berjalan dengan menginjak pedal gas dengan sangat lambat - serta tanpa harus membelokkan arah kemudi ke arah tertentu.

Bila mobil yang dikendarai berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, periksalah, apakah jalanan masih bergelombang atau apakah tekanan udara pada ban mobil tidak tepat. Nah, apabila sudah diperiksa secara pasti baik kondisi jalanan atau tekanan ban, lakukan menjalankan mobil di jalan yang sama. Dan bila mobil masih berbelok pada arah tertentu, sudah saatnya mobil dibawa ke bengkel untuk di-spooring. Setelah di-spooring, tentu saja mobil akan diperiksa dan diperbaiki dengan peralatan yang khusus untuk melakukan spooring, sehingga kaki-kaki mobil akan kembali normal.

Hal lain yang takkalah penting, yaitu balancing - Berbeda dengan spooring, balancing adalah proses pengecekkan dimana ban serta velg mobil dimasukkan ke dalam suatu alat khusus. Beberapa hal yang memengaruhi umur dari tapak ban sehingga kedua sisinya menjadi tidak seimbang (balance) adalah kondisi jalan yang tidak baik, pola berkendara, dan masa pakai ban.


Itulah, "Tips Pemeliharaan Kaki-Kaki Mobil" yang harus dilakukan. Spooring serta balancing yang ideal adalah dilakukan pada bengkel dengan menggunakan peralatan dengan teknologi dengan pengukurannya yang akurat sehingga yang memperoleh keuntungan maksimal, siapa lagi bila bukan Anda sebagai pemilik mobil :)


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx