Selasa, 29 Mei 2012

Wow, Lampu ini Terbuat Dari Darah

Sebuah lampu memang bisa berasal dari macam-macam bahan. Jika beberapa waktu lalu seorang seniman Jepang sukses membuat lampu dari kayu, kali ini desainer asal Amerika membuat rancangan lampu dari darah manusia. Mike Thompson adalah orang yang merancang lampu tersebut. Lampu itu dibuat dengan bahan kimia, sehingga tidak memerlukan energi listrik untuk menghidupkannya. 
Lantas bagaimana lampu itu bekerja?
Untuk menyalakan lampu tersebut, kita harus meneteskan darah ke dalam larutan kimia tersebut. Untuk memudahkannya, lampu tersebut didesain pecah pada bagian atas leher sehingga kita cukup melukai tangan kita dengannya dan darah akan menetes ke dalam lampu. Ketika darah menetes ke dalam larutan kimia, akan muncul reaksi yang mengakibatkan muncul warna biru terang seperti lampu.

Sayangnya lampu ini hanya mampu dipakai selama satu kali saja. Thompson membuat lampu ini dengan tujuan menyadarkan orang agar lebih menghargai dan berpikir 2 kali dalam menghabis-habiskan energi. Thomp[son menuturkan bahwa rata-rata orang Amerika menggunakan 3383 kW/jam energi setiap tahunnya, atau setara meninggalkan 4 kamar dengan lampu hidup selama 4 bulan. Dengan lampu tersebut Thompson mencoba menggugah pemikiran orang, bagaimana jika listrik senilai individu? maka akan membutuhkan banyak nyawa. Serupa kehilangan darah menggunakan terlalu banyak energi akan membahayakan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx