Rabu, 16 Mei 2012

Mengenal Taman "Surga" Alami



Misgi Candra Dasa - Sangat menenangkan bila melihat kolam dengan air terjun mungil yang dihiasi dengan bermacam tanaman. Gemerlap warna-warni ikan hias yang wara-wiri, menambah indahnya sebuah taman air.

Water Garden (Taman Air) atau juga dikenal sebagai Aquatic Garden (Taman Aquatik) adalah produk buatan manusia yang banyak mengekplorasi air. Sebuah taman air didefinisikan sebagai hamparan interior dan eksterior yang ditujukan sebagai sebuah wadah atau kolam bagi berbagai tanaman dan binatang.

Meski taman air sejatinya banyak berfokus pada tanaman, namun sekarang ini banyak yang menampilkan ikan hias di dalamnya. Sehingga terkesan seperti halnya kolam ikan biasa.

Pada umumnya, taman air berukuran kecil dan dangkal. Rata-rata kedalamannya tidak lebih dari 20 inci. Hal ini dikarenakan banyak tanaman air yang membutuhkan tingkat kedalaman tertentu agar tumbuh subur. Sehingga jenis tanaman yang dipilih akan memiliki andil dalam menentukan kedalaman dan luas taman air.Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau taman air atau water garden dibuat dengan ukuran besar dan dalam, bahkan dapat dibuat sebagai kolam renang layaknya danau alami.

 Taman air bisa saja menjadi pilihan bagi kaum urban untuk melepaskan penat. Terlebih sangat sulit sekali mencari kolam atau taman air di tengah kota. Layaknya danau alami dengan tepian yang tidak monoton, taman air dapat membuat kita sangat terhibur dan tak bosan melihatnya.

Berbeda dengan kolam ikan biasa yang kebanyakan dibuat dengan bentuk monoton dan tidak alami. Taman air ini dapat dibuat seperti halnya danau di alam liar dengan tepian bebatuan yang abstrak. Aneka tumbuhan pun dapat ditata sedemikian rupa sehingga taman air semakin berkesan alami.

Bila memiliki taman air di rumah sendiri, dijamin akan tertegun dan tidak mau beranjak dari memandangi keindahan dan keasrian sebuah taman air alami yang bagai “taman surga”.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Pada Kotak Komentar di Bawah ini
Jika Belum Mempunyai Akun apapun,
Anda Dapat Menggunakan Anonymous
Thx